10
Keahlian yang Bisa Dongkrak Karir
Keterampilan seseorang
singkatnya, dengan berbagai atribut dan kompetensi yang memungkinkan seseorang
untuk bermain baik dengan orang lain. Hal ini disebut dengan memiliki
kepribadian yang baik," ujar David Parnell, Salah satu konsultan hukum
yang juga penulis dan pelatih komunikasi.
Sementara itu, Chief
Executive of Whats For Work, Teri Hockett menuturkan, keterampilan seseorang
dinilai mulai dari bagaimana orang itu berinteraksi satu sama lain, yang
dilihat dari perspektif verbal dan non verbal.
Seperti dikutip dari Forbes, Senin
(18/11/2013), dengan memiliki keterampilan baik dapat memaksimalkan secara
efektif hubungan antar sesama di dunia kerja dan meningkatkan produktifitas
untuk kepentingan semua orang.
Berikut 10
kemampuan yang diperlukan di dunia kerja:
1. Kemampuan
berhubungan dengan orang lain
Hockett menuturkan,
kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dan sudut pandang mereka sangat
penting dalam bisnis. Dengan memiliki kepribadian baik dan pengalaman maka
dapat mudah berhubungan dengan semua orang.
2. Kemampuan
berkomunikasi
Ini adalah salah satu
keterampilan orang yang paling mendasar untuk dimiliki karena hal ini berkaitan
dengan kemampuan Anda untuk bergaul dengan rekan kerja lain.
3. Sabar dengan
orang lain
Jika Anda sabar dengan
orang lain, dan tetap memiliki sikap tenang ketika menghadapi situasi yang
tertekan, maka itu dapat diperhatikan oleh manajemen, dan menjadi salah satu
aset penting.
4. Sanggup
mempercayai orang lain
Anda akan dapat memiliki
karir baik jika Anda dapat dipercaya. Tanpa itu maka Anda tidak bisa
mendapatkan proyek untuk dilakukan.
5. Tahu bagaimana
dan kapan menunjukkan empati
"Dengan memiliki
kemampuan untuk menempatkan Anda di posisi orang lain, itu juga salah satu
kunci kemampuan. Hal itu membuat kita menciptakan hubungan dengan orang lain,
dan dapat memotivasi orang lain," tutur Ryan Kahn, Pendiri grup The Hired.
6. Mampu menjadi
pendengar
Mendengarkan seseorang
dan secara aktif mendengarkan orang lain adalah dua hal berbeda. Hockett
menuturkan, kebanyakan orang mendengarkan orang bicara, dan mulai membentuk
meresponnya dalam pikiran, bahkan lebih buruh mulai berbicara sebelum orang
selesai apa yang dikatakan.
"Kuncinya adalah
mendengarkan secara aktif, yang membutuhkan waktu lebih lama tapi menghasilkan
hasil yang lebih baik. Ini berarti Anda mendengarkan tanpa gangguan, dan
kemudian mengambil waktu untuk berpikir, dan membentuk respon sebelum menjawab.
Ini membutuhkan latihan," tutur Hockett.
7. Minat yang
tulus pada orang lain
Orang-orang tahu ketika
Anda benar-benar tertarik pada mereka. Jika Anda tidak menunjukkan minat,
ajukan pertanyaan bijaksana, dan mempertimbangkan jawaban mereka.
8. Fleksibel
Menjadi menyenangkan
atau memiliki kepribadian yang baik tergantung dari konteks. Seorang memiliki
kemampuan komunikasi sangat baik dapat menempatkan kondisi sehingga mereka
dapat merespon sesuai dengan apa situasi yang dibutuhkan.
9. Penilaian yang
baik
Penilaian baik adalah
salah satu kunci keterampilan yang dapat langsung dipelajari, mendengarkan
orang lain, mengamati dunia sekitar Anda. Hal itu dapat membuat Anda dapat
bersikap bijaksana untuk bereaksi dan merespons sesuatu bahkan membuat
keputusan.
10. Kemampuan
untuk membujuk orang lain
Ada kesempatan baik di
dalam karir Anda ketika harus menawarkan ide-ide. Anda harus mampu membentuk
argumen yang kuat dan meyakinkan. (Ahm/Ndw)
0 komentar:
Posting Komentar