JASA AUDIT .
A. Jasa assurance
adalah jasa profesional independen yang meningkatkan kualitas
informasi bagi para pengambil keputusan. Jasa semacam ini dianggap penting
karena penyedia jasa assurance bersifat independen dan
dianggap tidak bias berkenaan dengan informasi yang diperiksa.
Individu-individu yang bertanggung jawab membuat keputusan bisnis memerlukan
jasa assurance untuk membantu meningkatkan keandalan dan
relevansi informasi yang digunakan sebagai dasar keputusannya.
Jasa assurance dapat dilakukan oleh
akuntan publik atau oleh berbagai profesional lainnya. Sebagai contoh, Yayasan
Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), sebuah organisasi nirlaba, menguji beraneka
macam produk yang digunakan konsumen dan melaporkan hasil evaluasinya atas mutu
produk yang diuji dalam Warta Konsumen. Organisasi ini
menyediakan informasi tersebut untuk membantu konsumen membuat keputusan yang
cerdas menyangkut produk yang mereka beli.Sebagian besar konsumen menganggap
informasi dan Warta Konsumen lebih andal daripada informasi
yang disediakan oleh pembuat produk karena Warta Konsumen independen
terhadap pembuat produk itu.Jasa-jasa assurance lain yang
disediakan oleh perusahaan selain kantor akuntan publik (KAP) meliputi
penyurvei rating televisi, AC Nielsen.
Permintaan akan
jasa assurance diperkirakan terus meningkat karena permintaan
akan informasi juga meningkat dan karena makin banyak informasi real-time yang
tersedia melalui Internet.
Kebutuhan akan
jasa assurance ini bukan hal baru. Para akuntan publik sudah
bertahun-tahun memberikan jasa assurance, terutama assurance tentang
informasi laporan keuangan historis. Kantor akuntan publik (KAP) juga sudah
melakukan jasa assurance yang berkaitan dengan lotre dan
kontes untuk memberikan kepastian bahwa para pemenang ditentukan dengan cara
yang tidak bias serta sesuai dengan aturan-aturan kontes. Belum lama ini, para
akuntan publik telah memperluas jenis jasa assurance yang
mereka lakukan hingga mencakup jenis-jenis informasi yang berpandangan ke depan
serta jenis informasi lainnya, seperti perkiraan keuangan perusahaan dan
pengendalian situs Internet. Sebagai contoh, perusahaan dan konsumen yang
menggunakan jaringan komunikasi, seperti Internet, dalam melakukan bisnis dan
membuat keputusan memerlukan kepastian yang independen mengenai reliabilitas
dan keamanan informasi elektronik tersebut. Permintaan akan jasa assurance diperkirakan
terus meningkat karena permintaan akan informasi juga meningkat dan karena
makin banyak informasi real-time yang tersedia melalui
Internet.
B. Jasa Atestasi
Salah satu kategori jasa assurance yang
diberikan oleh akuntan publik adalah jasa atestasi. Jasa atestasi (attestation
service) adalah jenis jasa assurance di mana KAP mengeluarkan laporan
tentang reliabilitas suatu asersi yang disiapkan pihak lain. Jasa atestasi
dibagi menjadi lima kategori, yaitu:
1. Audit atas laporan keuangan historis.
2. Atestasi mengenai pengendalian internal atas pelaporan keuangan.
3. Telaah (review) laporan keuangan historis.
4. Jasa atestasi mengenai teknologi informasi.
5. Jasa atestasi lain yang dapat diterapkan pada berbagai
permasalahan.
1. Audit atas Laporan Keuangan Historis. Dalam suatu audit atas laporan
keuangan historis, manajemen menegaskan bahwa laporan itu telah dinyatakan secara wajar sesuai dengan prinsip-prinsip
akuntansi yang berlaku umum (GAAP). Audit atas laporan keuangan ini adalah
suatu bentuk jasa atestasi di mana auditor mengeluarkan laporan tertulis yang
menyatakan pendapat tentang apakah laporan keuangan tersebut telah dinyatakan
secara wajar sesuai dengan prinsip-prinsip
akuntansi yang berlaku umum. Audit ini merupakan jasa assurance yang
paling umum diberikan oleh
KAP.
2. Atestasi Mengenai Pengendalian Internal
atas Pelaporan Keuangan. Di Amerika Serikat, untuk sebuah atestasi mengenai
pengendalian internal atas pelaporan keuangan, manajemen menegaskan bahwa
pengendalian internal telah dikembangkan dan diimplementasikan mengikuti
kriteria yang sudah mapan.
3. Telaah (Review) atas Laporan Keuangan Historis.
Untuk review atas laporan keuangan historis, manajemen menegaskan
bahwa laporan tersebut telah dinyatakan secara
wajar sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum, sama seperti
audit. Akuntan publik hanya memberikan tingkat kepastian yang moderat atau
sedang terhadap review atas laporan keuangan jika dibandingkan dengan
tingkat kepastian yang tinggi untuk audit, sehingga lebih sedikit bukti yang
diperlukan.
4. Jasa Atestasi Mengenai Teknologi Informasi. Untuk atestasi mengenai
teknologi informasi, manajemen mengeluarkan berbagai asersi tentang
reliabilitas dan keamanan informasi elektronik. Pertumbuhan teknologi Internet
dan perdagangan elektronik (e-commerce) telah menciptakan permintaan akan
jenis-jenis assurance ini. Banyak fungsi bisnis, seperti pemesanan
dan pembayaran, sekarang dilakukan melalui Internet atau secara langsung
antarkomputer dengan menggunakan electronic data interchange (EDI).
Oleh karena transaksi dan informasi dipakai bersama
secara online dan real-time, para pelaku bisnis meminta
kepastian yang lebih tinggi lagi mengenai informasi, transaksi, dan sistem
pengamanan yang melindunginya. WebTrust danSysTrust adalah
jasa-jasa atestasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan
akan assuranceini.
5. Jasa Atestasi Lain. Akuntan publik memberikan banyak jasa atestasi
lainnya, yang kebanyakan merupakan perluasan alami dari audit atas laporan
keuangan historis, karena pemakai menginginkan kepastian yang independen
menyangkut jenis-jenis informasi lainnya. Dalam setiap kasus, organisasi yang
diaudit harus menyediakan sebuah asersi sebelum akuntan dapat memberikan
atestasi. Sebagai contoh, apabila bank
meminjamkan uang kepada suatu perusahaan, maka perjanjian pinjaman itu mungkin
mengharuskan perusahaan menugaskan seorang akuntan untuk memberikan kepastian
tentang ketaatan perusahaan pada ketentuan keuangan menyangkut pinjaman itu.
C. Jasa Assurance
Jasa assurance adalah jasa profesional
independen yang meningkatkan kualitas informasi bagi para pengambil keputusan.
Jasa semacam ini dianggap penting karena penyedia
jasa assurance bersifat independen dan dianggap tidak bias berkenaan dengan
informasi yang diperiksa. Individu-individu yang bertanggung jawab membuat
keputusan bisnis memerlukan jasa assurance untuk membantu
meningkatkan keandalan dan relevansi informasi yang digunakan sebagai dasar
keputusannya.
D. Jasa Non-Assurance (Jasa Bukan Penjaminan)
Jasa bukan penjaminan adalah jasa yang diberikan
oleh akuntan publik atau auditor independen yang didalamnya ia tidak memberikan
suatu pendapat, keyakinan negatif, ringkasan temuan, atau bentuk lain
keyakinan. Profesi akuntan publik atau auditor independen juga memberikan
berbagai jenis jasa lain yang pada umumnya tidak atau bukan merupakan jasa
penjaminan. Jenis jasa bukan penjaminan yang diberikan oleh akuntan publik atau
auditor independen adalah jasa akuntansi dan pembukuan, jasa perpajakan, dan
jasa konsultasi manajemen.
KAP melakukan berbagai jasa lain yang umumnya berada di luar lingkup
jasa assurance. Tiga contoh yang spesifik adalah:
·
Jasa akuntansi dalam
pembukuan
·
Jasa pajak
·
Jasa konsultasi manajemen
Referensi:
0 komentar:
Posting Komentar