DAMPAK EKONOMI INDONESIA PADA ACARA MISS WORLD 2013
Miss World adalah kontes kecantikan internasional yang diprakarsai oleh Eric Morley pada tahun 1951 dan pertama kali diadakan di Inggris. Setelah kematiannya pada tahun 2000, Istri Morley, Julia Morley, menggantikannya sebagai ketua. Bersama rivalnya Miss Universe dan Miss Earth, kontes ini menjadi salah satu yang dikenal oleh masyarakat umum. Pemenang menghabiskan waktu setahun berkeliling dunia sebagai wakil dari Miss World Organization dan berbagai acaranya. Secara kebiasaan, Miss World tinggal di London selama masa baktinya.
Menurut saya Ajang ini tidak mengekploitasi kaum hawa. Dilihat dari penyelenggaraannya, ajang ini mengangkat derajat wanita dan memberi inspirasi terhadap seluruh wanita, baik dari segi behaviour dan intelektualitas.
Indonesia untuk pertama kalinya mendapatkan kesempatan emas menjadi tuan rumah penyelenggaraan Miss World selama tiga minggu. Bali terpilih menjadi tempat yang dikunjungi oleh ratusan wanita cantik diseluruh dunia. Lebih dari 120 negara mengikuti ajang Miss World ini. Banyaknya negara yang berpartisipasi dalam ajang kecantikan wanita sejagad ini tentunya membawa kecantikan Indonesia ke mata dunia karena acara ini juga akan disiarkan oleh ratusan negara di dunia Bukan hanya para peserta yang akan datang ke Bali namun para turis dari pendukung masing-masing peserta dan pengisi acara Miss World juga akan menginjakkan kaki ke Pulau Dewata itu. Hal ini tentunya akan meningkatkan jumlah pendatang dari berbagai penjuru dunia.
Tidak ada alasan untuk menolak kontes tingkat dunia itu jika dalam pelaksanaannya memberi banyak manfaat terhadap citra Indonesia di mata dunia, potensi ekonomi, dan investasi. Apalagi jika dalam manual acaranya tidak ada yang mengenakan pakaian bikini, tapi malahan dikemas dengan dimensi keindonesiaan atau berbeda dengan pelaksanaan Miss World di negara lain. Miss World ini ajang kreativitas yang memiliki dampak negatif dan positif, tergantung dari sudut pandang.
AJANG Miss World 2013 memberikan dampak positif terhadap promosi pariwisata dan perekonomian Indonesia. Ajang ini seharusnya bisa diapresiasi dan Indonesia patut bangga karena mata dunia saat ini tertuju pada Indonesia, khususnya Bali. Ini berdampak baik kepada pariwisata dan perekonomian ke depan. kepada masyarakat untuk tetap berpikir positif akan dampak yang besar bagi Indonesia di mata dunia. Kita sudah diberi kesempatan untuk melaksanakan Miss World 2013. Tentu dampaknya sangat bagus untuk Indonesia di kancah internasional. Indonesia bisa memperkenalkan kebudayaan dan adat istiadat kepada masyarakat internasiona.
Dari sisi pariwisata, kontes Miss World semakin menggaungkan nama Bali ke dunia internasional karena dapat menjadi sarana promosi gratis. Apalagi kalau penyelenggaraannya berjalan sukses dan aman. kontes tersebut dapat menjadi ajang pengembangan budaya internasional. Kontes Miss World juga memberikan dampak positif membangkitkan motivasi, inovasi dan kreativitas dari masyarakat Bali dan juga Indonesia serta memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat di Pulau Dewata di antaranya dengan tingginya permintaan akomodasi, kuliner, dan transportasi. Hal ini jelas akan meningkatkan perekonomian di mata global.
0 komentar:
Posting Komentar